Wednesday 16 November 2011

Seorang ayah memahat tanah liat raksasa berbentuk kepala anaknya

Seorang ayah memahat tanah liat raksasa berbentuk kepala anaknya

Seniman asal Yogyakarta, Eddy Prabandono telah menciptakan sebuah patung tanah liat raksasa model setelah kepala dari 5 tahun putrinya, Luz.. Patung yang diberi nama “Luz Series” tersebut berukuran 4×4 meter dan dibuat dalam lubang dengan kedalaman 2,5 meter. Untuk menghasilkan patung bayi yang sedang tidur itu, Eddy menghabiskan 25 ton tanah liat.
Eddy bisa membuat patung tersebut dengan sempurna, karena itu ada gambar dari wajah putrinya yang masih berusia lima tahun bernama Luz. Seniman berusia 47 tahun itu membuat karyanya berkaitan dengan kegiatan Art Jog 2011, 16-29 Juli. Ajang ini diikuti 150 seniman yang menghadirkan lebih dari 241 karya seni.

Untuk menuangkan ide kreatifnya menjadi nyata, Eddy mendapat dukungan dari Kepala TBY, GBPH Yudhaningrat, yang mengijinkannya menggali lubang di kawasan tersebut. Ia juga harus menyewa eskavator untuk membuat lubang serta dibantu 15 temannya demi menyulap gundukan tanah liat menjadi patung cantik putrinya.
“Saya sebagai ayah akan bertanggung jawab, memberi kehidupan dan menjaganya,” kata Eddy tentang makna patung tersebut. “Kekhawatiran saya tentang masa depan anak saya karena dunia yang sedang bermasalah saat ini, ada tsunami, bencana nuklir dan lainnya.”sumber

No comments:

Post a Comment

total pengunjung blog gw