5 Skuter Klasik Jerman yang Patut Dikoleksi
Euforia subculture Mod
yang terus merajalela di belantara Britania Raya, mungkin berkontribusi
mengapa sepeda motor jenis skuter menjadi sangat popular ketika itu. Di
masa tersebut mulai dari kaum skinhead hingga penganut pakem punk kerap
membesut skuter bermerek Vespa dan Lambretta. Bukan hanya dominasi kedua
merek tersebut semata, booming skuter setidaknya pernah menorehkan
lebih dari tujuh skuter klasik, yang dibuat produsen otomotif roda dua
Jerman. Berikut 5 skuter klasik Jerman yang patut Anda koleksi:
1. DKW Hobby 1956
DKW Hobby adalah skuter produksi DKW dan
Auto Union GmbH pada 1954-1957. Pada tahun 1953, perusahaan ini
memutuskan untuk masuk ke bisnis skuter, setelah sebelumnya menolak
tawaran Piaggio, untuk memproduksi Vespa di bawah lisensi. Motor ini
merupakan versi dari DKW Hobby skuter yang dibangun oleh pembuat senjata
asal Negeri Croissant bernama Manufacture de Machines du Haut-Rhin atau
yang akrab disapa Manurhin. Mereka mulai membangun skuter Hobby sejak
tahun 1956 dengan menggunakan beberapa komponen lokal dan dikenalkan ke
khalayak sebagai Manurhin MR75 di Eropa dan Concord di Inggris. Saat DKW
menghentikan produksi dari Hobby, Manurhin bersikukuh untuk terus
melanjutkan proses pembuatan hingga penjualan skuter ini. Hasilnya
sungguh mencengangkan! Pada tahun 1957, Manurhin berhasil menduduki
peringkat ketiga di belakang Lambretta dan Vespa pada deretan penjualan
skuter terbaik di Eropa.
2. Glas Goggo
Hans Glas GmbH adalah sebuah perusahaan
otomotif Jerman, yang berbasis di Dingolfing. Awalnya hanyalah pembuat
mesin pertanian. Namun Glas berevolusi menjadi produsen motor skuter,
dan kemudian mobil. Pada tahun 1951 Andreas Glas melihat skuter Vespa
dari Piaggio di Verona, Italia. Dia begitu antusias untuk memulai
produksi motorskuternya. Debut skuter pertamanyanya berkapasitas 125 cc,
meningkat 150 cc dan 200 cc. Sampai 1956, sebanyak 46.181 motor skuter
telah dibangun.
3. Heinkel Tourist
Heinkel Tourist adalah skuter yang
dibuat oleh Heinkel Flugzeugwerke pada 1953-1965. Lebih dari 100.000
unit skuter yang telah diproduksi dan dijual. Tourist dijual sebagai
skuter kelas atas. Hal ini dikarenakan Heinkel Tourist pada umumnya
lebih berat, lebih nyaman, dan lebih stabil dengan kelengkapan standar
seperti speedometer, kunci kemudi, jam, rak pembawa koper, dan roda
cadangan. Maka tak heran jika harganya yang jauh lebih mahal daripada
Vespa atau Lambretta. Di Inggris Heinkel Tourist disebut sebagai
“Rolls-Royce-nya Sekuter” sedangkan oleh dealer di Massachusetts sebagai
“Cadillac Sekuter”.
4. Zundap Bella
Zundapp Bella adalah jenis skuter yang
dibuat oleh Zundapp-Werke GmbH pada 1953-1964 di Nuremberg dan Munich.
Selama fase produksi lebih dari 130.000 skuter ini telah diproduksi.
Secara umum, Bella berada di bawah lisensi Parilla-Italia.
5. Maicoletta
Maicoletta adalah skuter yang dibangun
oleh Maico pada 1955-1966. Menurut artikel yang ditulis oleh wartawan
sepeda motor Amerika Serikat dan Inggris, Maicoletta merupaan skuter
kuat, responsif, dan nyaman dikendarai. Ini adalah salah satu skuter
yang terberat dan paling mahal sebelum era skuter tur dipopulerkan oleh
Honda melalui CN250. Maicoletta merupakan salah satu dari skuter yang
paling dihormati di Inggris. (**)
Wow keren.
ReplyDelete